Lagu ladygaga mudah untuk diingat

Lagu ladygaga mudah untuk diingat

Pernahkah sesudah Anda mendengar sebuah lagu tertentu, lagu itu terngiang-ngiang terus di kepala Anda, bahkan secara tidak sadar? Tidak Cuma pada musik yang disukai, tapi juga yang mungkin Anda benci.

Mengalami lagu yang terputar berulang-ulang di otak ialah kejadian yang biasa dan dialami orang-orang di seluruh dunia dan bahkan saat anda main joker slot online. Tapi, beberapa lagu mungkin saja “bersarang” di otak selama berhari-hari, lebih daripada yang lain.

Mengutip Open Culture, sebuah studi yang dilakukan pada 2010 sampai 2013 mencoba mencari tahu soal hal ini. Para peneliti dari Durham University, Goldsmiths, University of London, dan University of Tubingen mencari tahunya dalam sebuah studi berjudul “Dissecting an Earworm: Melodic Features of Song Popularity Predict Involuntary Musical Imagery.”

Mengutip Billboard, para peneliti melakukan survei pada tiga ribu orang. Terungkap kalau ada berapa lagu yang sangat mudah terngiang-ngiang. Salah satunya ialah beberapa lagu milik Lady Gaga.

“Dia memiliki tiga lagu dalam 10 teratas daftar ‘earworm’ kami. Lagunya ‘Bad Romance’ dituliskan oleh 33 persen partisipan dalam penelitian kami. ‘Alejandro’ dan ‘Poker Face’ berada pada posisi 8 dan 9 pada posisi daftar kami. Maka sepertinya artis tertentu lebih menonjol daripada yang lain,” kata penulis utama Kelly Jakubowski.

Sederhana tapi tidak terlalu sederhana

Para peneliti mengungkapkan, alasan lagu “Bad Romance” mudah terngiang-ngiang ialah sebab adanya dua segmen yang tidak terlupakan. Chorus yang mudah, serta bagian “rah rah” yang mudah tersangkut di kepala orang-orang.

“Kontur keseluruhan dari seluruh frasa atau melodi cenderung begitu generik (dalam lagu-lagu ini), seperti yang Anda temukan dalam sajak anak-anak atau ‘Twinkle, Twinkle Little Star.’ Meskipun pola keseluruhan, berapa struktur interval dalam melodi itu langka atau tidak biasa,” kata Jakubowski.

“Anda mungkin temukan lompatan yang lebih besar (antara not) atau penurunan dan kenaikan nada yang lebih besar daripada yang Anda harapkan dalam lagu pop yang biasa.”

Dia tambahkan, struktur lagu secara keseluruhan mesti cukup sederhana hingga bisa diingat kembali secara spontan dalam pikiran. Hingga, ini tidak terlalu rumit dan susah diingat.

“Tapi di dalam itu, Anda miliki berapa interval menarik yang menambah ketidakpastian melodi.”

“Sederhana, namun tidak terlalu sederhana, hingga otak tidak kehilangan minat,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *