Akon bangun kota di Senegal

Akon bangun kota di Senegal

Penyanyi rap (rapper) AS sekaligus pengusaha, Akon bakal membangun kota baru di Senegal. Kota seluas lebih dari 800 hektare itu akan pakai mata uang kripto (cryptocurrency) untuk transaksi sehari-hari dan juga bisa untuk mainkan joker fishing game.

Kecintaan Akon pada kripto bermula ketika dia merasa kecewa sebab mata uang Senegal tidak bisa ditukar dengan euro di Paris.

“Itu membuka mata saya dan memotivasi saya untuk mengatakan, pada saat ini kami punya mata uang sendiri,” kata rapper berdarah Senegal itu dikutip dari Bloomberg, Senin (22/6/2020).

Akon yang miliki nama lengkap Aliaume Damala Badara Akon Thiam itu sudah berinvestasi di Bitcoin sejak 2014. Dia berencana mengeluarkan mata uang kripto sendiri, Akoin pada tahun ini.

Mata uang itu bakal dipakai sebagai alat tukar sehari-hari di kota baru. Izin lahan kota sudah diperoleh dari pemerintah Senegal pada awal 2020.

Lewat perusahaannya, KE International, Akon bakal mendanai pembangunan kota baru yang dikasih nama Akon City. Dana pembangunan mencapai 6 miliar dolar AS di mana 4 miliar dolar AS dana sudah diamankan.

Layaknya kota pada umumnya, Akon City bakal dilengkapi jalan, permukiman, sekolah, hotel, mal, kampus, kantor polisi, sampai pembangkit listrik. Kota dengan konsep ramah lingkungan itu bakal dibangun pada tahun ini dan diperkirakan selesai 2023 buat tahap pertama. Tahap berikutnya dibangun pada 2024 dan ditargetkan selesai 2029.
President and Cofounder Akoin, Jon Karas berencana meluncurkan Akoin pada Juli 2020. Sebanyak 10 persen Akoin bakal beredar di publik, 10 persen sisanya dimiliki sama manajemen perusahaan.

Manajemen tidak boleh menjual Akoin selama enam bulan pertama sejak diluncurkan. Karas pastikan Akoin Cuma bakal berfungsi sebagai alat pembayaran, bukan instrumen investasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *